loading...

Wednesday, October 11, 2017

Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat Mikrotik

Assalamualaikum Wr.Wb
A. Pendahuluan
Hai pengunjung setia Endra's Blog pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa sih Mikrotik itu? apa fungsinya? dan apa manfaatnya Mikrotik itu? untuk kalian yang belum tau yuk mari kita bahas.
< Maksud dan Tujuan
Dapat memahami tentang Mikrotik

B. Alat dan Bahan
< Koneksi Internet
< Laptop

C. Pembahasan
< Apa itu Mikrotik?
MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.
< Sejarah singkat tentang Mikrotik
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

< Jenis - jenis Mikrotik 
Mikrotik RouterOS™
MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik RouterOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.

< Fitur - fitur pada Mikrotik
Penanganan Protokol TCP/IP:
  • Firewall dan NAT
  • Routing - Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • M3P
  • MNDP
  • Tools
  • Aneka Ragam
Layer 2 konektivitas
  • Wireless
  • Bridge
  • Virtual LAN
  • Synchronous
  • Asynchronous
  • ISDN
  • SDSL
< Fungsi Mikrotik
Berikut adalah fungsi dari Mikrotik:
  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.
< Manfaat Mikrotik
Berikut adalah beberapa manfaat Mikrotik:
  1. Dapat digunakan sebagai routing
Sudah sedikit dibahas mengenai manfaat router Mikrotik yang satu ini di awal penjelasan yakni sebagai router atau media penghubung jaringan. Yang lebih efektif dari router Mikrotik ini adalah kemampuan routingnya yang dapat menghubungkan perangkat dengan lebih dari satu jaringan serta dapat memilih jalur yang paling optimal menuju ke perangkat komputer atau perangkat tujuan lainnya.
Hal inilah yang menjadi salah satu alasan jasa setting Mikrotik terpercaya banyak yang memilih Mikrotik sebagai routernya. Sebagai contoh, semisal terdapat tiga kantor cabang penyedia jaringan A, B dan C, maka peran router Mikrotik disini sebagai pengatur jalur ketiga kantor A, B dan C sehingga dapat terhubung dengan sempurna satu dengan yang lainnya ke dalam jaringan internet.
  1. Dapat digunakan untuk Acces Point
Selain digunakan sebagai dalam proses routing yang menghasilkan kinerja maksimal, router Mikrotik juga berfungsi sebagai aces point yang handal dan mumpuni pada jaringan WiFi. Hal ini disebabkan router Mikrotik dibekali dengan interface wireless yang memiliki cakupan sangat luas. Tak heran jika kebanyakan pihak penyedia jasa setting Mikrotik Jakarta dan kawasan atau daerah lain saat ini semakin dicari banyak orang untuk melakukan pemasangan jaringan internet. Sebagai contoh, kini telah banyak sekali satuan pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, kafe hingga layanan publik lainnya yang menerapkan Mikrotik sebagai router yang sangat efektif dan efisien baik saat pemasangan maupun dalam proses penggunaannya. Jika memilih jasa setting Mikrotik yang tepat, maka proses instalasinya akan jauh lebih mudah dengan hasil yang memuaskan.
  1. Dapat digunakan sebagai Internet Gateway bagi LAN
Pada proses Local Area Networl atau LAN yang memiliki jaringan lokal juga dapat bekerja secara maksimal apabila terdapat router Mikrotik yang benar-benar profesional dijadikan media jaringan. Router Mikrotik juga dapat digunakan sebagai gateway jaringan lokal sehingga dapat menghubungkan beragam jaringan lokal tersebut yang nantinya dihubungkan ke internet secara lebih luas.
Meskipun memiliki manfaat yang banyak dan beragam, namun jangan cemas karena biaya jasa setting Mikrotik sama seperti pemasangan atau instalasi setting produk lainnya. Router Mikrotik nantinya akan dapat mengatur ruang gerak dan lintasan data pada jaringan internet yang masuk maupun yang keluar. Bahkan router Mikrotik juga sangat efektif berfungsi sebagai pengatur konten yang dapat atau tidak dapat diakses oleh client. Konfigurasi LAN dapat dijalankan hanya dengan memanfaatkan PC Mikrotik router OS dan dengan hardware requirements yang cukup rendah yang berfungsi untuk memudahkan prosesnya.
  1. Dapat digunakan sebagai Virtual Private Network atau VPN
Banyak penyedia jasa setting Mikrotik murah yang tetap konsisten menggunakan produk Mikrotik karena manfaatnya yang jelas dan nyata serta menguntungkan. Salah satunya adalah dapat digunakannya router Mikrotik sebagai VPN. Maksudnya disini adalah router Mikrotik dapat menjalankan fungsi penghubung atau mengoneksikan satu jaringan dengan jaringan lain secara personal lewat jaringan internet publik.
Jika masih banyak orang yang beranggapan bahwa penggunaan jaringan internet publik memiliki privasi yang rendah dan sangat rawan dengan terjadinya pengambilan data tanpa ijin atau pencurian data, namun dengan VPN yang dikerjakan oleh router mikrotik menerapkan metode enskripsi untuk melakukan acak data sehingga kemanannya cukup terjamin dan tak perlu dikhawatirkan. Selain itu, pengacakan data juga bertujuan agar data yang ditransmisikan hanya bisa diakses oleh pihak atau orang yang memang memiliki hak untuk mengakses data atau file tersebut saja.
  1. Memisahkan bandwith traffic
Manfaat router Mikrotik dalam kinerjanya yang selanjutnya adalah dapat memisahkan bandwith traffic. Yang dimaksud disini adalah bandwith traffic yang berasal dari luar atau internasional dan bandwith traffic yang berasal dari dalam negeri atau local serta yang lainnya. Dengan demikian, pengakses jaringan akan lebih dipermudah dan proses aksesnya menjadi terpusat pada data atau file dan resource yang benar-benar dibutuhkan. Para pengguna jaringan juga akan lebih merasa dipemudah dengan sistem yang dimiliki router Mikrotik ini.

D. Hasil yang di dapatkan
Dapat memahami tentang mikrotik sebelum menggunakannya 

E. Kesimpulan yang di dapat
Pembaca maupun penulis dapat mengerti tentang mikrotik

F. Referensi
Wikipedia bahasa Indonesia 

Demikian postingan saya hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa untuk mengunjungi blog saya untuk update tentang Ilmu It.
Sekian dan Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment

loading...